Breaking News

Minggu, 19 Oktober 2014

Khasiat Nasi Beras Hitam


Pada zaman dahulu di Kepulauan Nusantara masih dalam periode zaman kerajaan, masyarakat Indonesia saat itu telah mengkonsumsi beras hitam tetapi baru  terbatas dalam acara-acara ritual adat. Sementara itu di China, beras hitam merupakan beras ekslusif yang hanya khusus dikonsumsi oleh kalangan pembesar istana, sementara masyarakat umum dilarang mengkonsumsinya.

Warna ungu kehitaman beras ini berasal dari antosianin, suatu zat turunan polifenol yang mempunyai kemampuan antioksidan. Warna pada beras diatur scara genetik, gen yang berbeda menybabkan warna aluron, endosperma dan komposisi pati pada endosperma berbeda pula.  

Kadar flavonoid yang cukup besar menjadikannya unggul dalam mencegah pengerasan pembuluh darah dan asam urat. Di Korea, beras hitam menjadi penting dalam pemeliharaan kesehatan karena kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan.

Beras hitam mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan beras biasa maupun beras merahBeras hitam berkhasiat untuk menjaga kekuatan tubuh, mencegah kerusakan sel hati, mencegah  kerusakan fungsi ginjal, anti anemia, anti tumor dan kanker, memperlambat penuaan, mencegah penumpukan kolesterol, mencegah penyakit saluran pencernaan dan menambah produksi air susu ibu. Selain itu, masih dari sumber di internet bahwa beras hitam mengandung zat besi, vitamin B1 dan mineral yang lebih tinggi dibanding beras merah. 

Sebagai perbandingan Beras hitam mengandung zat besi sekitar 15,52 ppm lebih tinggi dibandingkan dengan beras biasa seperti IR 64, Ciherang, Cisadane, sintanur, pandan wangi dan batang gadis yang zat besinya hanya berkisar antara 2,9 – 4,4 ppm. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah.

Ditulis Oleh : Budi Kusmayadi 
Sumber: Aning Hermanto, herbalis  sekaligus pemilik PT Mahkota Dewa Indonesia
Designed By Blogger Templates