Breaking News

Minggu, 07 Desember 2014

Menyemai Harapan Budidaya Padi Sehat (3)

Kang Lewi (kanan) - Ekportir Pertanian dan Kang Eeng (kiri)
Sesi terakhir pertemuan "Pelatihan dan Demplot Pertanian Organik dengan Metode SRI" berlangsung setelah seluruh peserta melewati soliskan - sholat, istirahat & makan siang -. Sesi ini dimunculkan dengan tema mencari bentuk model bisnis pertanian organik.

Sebelum sesi ini dimulai, kami disajikan sajian khas dari Kecamatan Anjatan - Indramayu, sebuah menu masakan dengan nama "PECAK WELUT". Masakan yang pedas dan gurih ini berasal dari olahan belut yang disajikan dengan bumbu yang demikian lezat. Terima kasih banyak dan apresiasi setinggi-tingginya buat ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) yang bersedia menyiapkannya untuk acara ini.

Pecak Welut Anjatan yang menggugah selera diiringi
makanan desa yang lezat hasil karya KWT
Selepas waktu soliskan kami berbincang kembali, namun kali ini bukan lagi seputar bagaimana menanam padi organik di lahan sawah melainkan meniti jalan pemasaran padi organik setelah panen. Sesi ini demikian menarik karena berisi dialog langsung antara petani sebagai produsen beras organik dengan eksportir yang menjual produknya. Pada kesempatan tersebut hadir Kang Lewi mewakili ekportir produk pertanian. Acara ini dipandu oleh Kang Eeng dan mengupas berbagai pengalaman, kepahitan dan harapan dalam liku-liku pemasaran dan tata niaga produk pertanian.

Pak H. Rifa'i - Anjatan : Berbagi Pengalaman

Kang Yahya - Lelea : Berbagi Pengalaman

Pak Abas - Sukra : Berbagi Pengalaman

Pak Carmadi - Kroya : Berbagi Pengalaman

Hal yang terberat sekaligus menarik dalam diskusi ini adalah kenyataan bahwa ketika petani memproduksi padi organik tidak ada pasar yang mau membeli dan sebaliknya ketika ada pembeli yang mencari padi organik tidak tersedia di petani. 

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Kang Lewi mampu menjelaskan dengan sistematis dibantu pengalaman dalam mengembangkan pertanian organik dari Kang Ibo, sehingga disampaikan gagasan yang sederhana dan praktis untuk pengembangan pertanian organik di Indramayu khususnya ke depan. 

Semoga langkah-langkah kecil ini bermanfaat bagi semua.
Designed By Blogger Templates