Breaking News

Minggu, 07 Desember 2014

Menyemai Harapan Budidaya Padi Sehat (2)

Pak H. Rifa'i dan Kang Ibo menanam benih muda dengan
cara SRI, metode SRI adalah metode yang kembali ke alam
yg efisien dlm penggunaan sarana produksi dgn hasil maksimal
Mengawali acara dibacakan sebuah karya besar penyair Taufik Ismail tentang kerendahan hati. Semua peserta yang hadir diajak untuk tidak memandang tinggi atau rendahnya tugas, melainkan berbuat yang terbaik sebisa kita untuk menghasilkan produk pertanian yang sehat, halal dan tidak terkontaminasi racun kimia, yang tentunya akan menyehatkan. 

Kesadaran kita untuk kembali menghargai alam dalam berusaha tani diharapkan akan sedikit-demi-sedikit mengubah mindset petani yang selama ini boros pupuk, merusak ekologi serta tidak efisien.

Acara kemudian dipandu oleh Kang Budi Kusmayadi, sahabat petani kita yang kebetulan berprofesi sebagai petugas PPL. Hal ini juga menggambarkan perlunya dukungan komitmen yang besar dari para petugas lapangan dalam mengembangkan budidaya tanaman sehat dan efisien di masyarakat. Kang Budi bahkan mengajak semua yang hadir untuk erus dan tanpa lelah mencari dan mengkaji ilmu pertanian yang bermanfaat dan dapat diterangkan lewat sebuah tembang sunda yang berjudul "ELMU TUNTUT DUNYA SIAR" atau ilmu terus dicari, dunia tak dilupakan.


Pemandu acara untuk mencari formula
terbaik bagi pengembangan padi organik
di dataran rendah

Seluruh peserta kemudian diajak ke sawah percobaan (demplot) Gapoktan Mulia Tani yang letaknya sekitar 100 meter dari rumah. Tiba di lokasi penanaman padi organik, peserta langsung dipandu oleh Kang Ibo mengenai cara penanaman padi organik dengan metode SRI. 

Kang Ibo dengan bersemangat menjelaskan bagaimana tata cara menanam benih muda umur 7-10 hari serta langsung berdiskusi dengan peserta di lapangan seputar bagaimana cara mengatur air, menanam padi, mengatas gangguan hama serta melakukan perawatan padi dari gangguan gulma, hama serta penyakit tanaman.


Kang Ibo sedang menjelaskan cara penanaman
benih muda dengan metode SRI



Persemaian benih muda dengan menggunakan baik (tray)


Ditengah terik matahari yang mulai meninggi, sekitar dua jam, kami semua menyimak penjelasan dari Kang Ibo yang diselingi oleh tanya-jawab petani secara langsung. Mudah-mudahan dengan Ilmu tersebut bisa memberikan pencerahan bermanfaat bagi upaya kita untuk terus mengembangkan budidaya padi sehat dengan Metode SRI ini.


Antusias ditengah terik matahari yang mulai meninggi


Panas matahari bukan halanagan untuk belajar

Eeng - Komunitas Malai-Malai Padi
Designed By Blogger Templates